Kamis, 31 Mei 2012

Struktur Dasar Persamaan Akuntansi

Setiap perusahaan pasti memiliki aktiva yang digunakan untuk melanjutkan kegiatan usahanya. Namun, tidak semua kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut berasal dari kekayaan pribadi tapi diperoleh juga dari luar pemilik usaha tersebut. Kekayaan yang berasal dari luar disebut hutang atau kewajiban. Dalam akuntansi basarnya modal dan kewajiban disebut pasaiva dan persamaan itu harus sama dengan aktiva.

Aktiva yang dimiliki perusahaan merupakan sarana untuk melakukan kegiatan perusahaan. Melalui suatu transaksi-transaksi terjadi perubahan aktiv, modal, dan kewajiban. Dengan demikian pecatatan akuntansi sangat diperlukan :

Transaksi bisnis

Suatu perusahaan memiliki suatu usahan dengan beorintasi untuk memperoleh laba. Oleh karena itu berkaitan dengan operasi perusahaan memerlukan dana untuk melakukan pembayaran terhadap berbagai transaksi. Dengan demikian, setiap kejadian dan hasil dari operasi tersebut akan langsung mempengaruhi perusahaan dan harus dicatatat oleh perusahaan yang bersangkutan maka dari itu dinamakan transaksi bisnis.

Pencatatan transaksi keuangan atau bisnis pada dasarnya dibedakan menurut pihak yang melakukan, yaitu transaksi keuangan intern dan transaksi exteren.

1. Transaksi internal
Adalah serangkaian yang terjadi secara internal tanpa telibat oleh pihak luar perusahaan. Contohnya : penetapan pemakaian perlengkapan kantor dan penetapan piutang tak tertagih.

2. Transaksi ekterenal
Adalah serangkaian traksaksi yang bekaitan dengan operasi perusahaan, misalnya : pembelian peralatan, dan pertukaran barang dan jasa.

Menurut sumbernya transaksi keuangan dibedakan menjadi dua yaitu:

3. Transaksi modal
Adalah serangkaian transaksi yang mempengaruhi modal pemilik (persero) perusahaan. Contoh: transaksi modal yaitu setoran modal dan penarikan atau pengambilan modal.

4. Transaksi usaha
Serangakaian transaksi yang berkaitan dengan operasi perusahaan. Contoh : pembelian barang dan pembelian peralatan.

0 komentar:

Posting Komentar