Kamis, 24 Mei 2012

Pengertian akuntansi

Akuntasi sering disebut sebagai bahasa bisnis (bussines language) atau yang lebih tepatnya sabagai bahasa pengambil keputusan. Semakin seorang mengusai bahasa ini, maka akan semakin baik pula orang tersebut menangani berbagai aspek keuangan dalam kehidupan.

Akutansi berasal dari kata bahasa inggris account artinya memperhitungkan atau mempertimbangkan dan mempertanggungjawabkan perusahaan kepada pemilik perusahaan atas kepercayaan menjalankan perusahaan.

Adapun definisi akuntansi secara luas sebagai berikut:

1. Menurut Amerika Institut Accounting of Certified Accountantans (AICPA)

    Akutansi adalah seni pencatatan , pengelompokan dan pengiktisaran menurut cara yang berarti yang dinyatakan dalam satuan uang dan kejadiaan yang bersifat keungan dan kemudian menafsirkanya.

2. Menurut Amerika Accounting Asosiation

    Akuntasi adalah proses pengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk mengadakan penilaian yang keputusan yang jelas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. Jadi dapat disimpulkan akuntasi adala suatu seni pencatatan, pengelompokan, penganalisisan, penyajian laporan keuangan, dan penafsiran keuangan dari peristiwa finansial yang terjadi di rumah tangga perusahaan dengan cara yang sistematis.

Selain itu pengertian akuntasi juga dapat ditinja dari sudut pandang penggunan akuntasi, adapun pencatatan akuntasi dilakukan dengan pedoman sebagai berikut.

1. Berdasarkan sumber atau dokumen yang nyata, yaitu faktur, kwitansi, nota, dan lain-lain.
2. Untuk mencegah kelalaian, pencatatan dikerjakan pada hari peristiwa transaksi itu.
3. Pencatatan dilakukan serapi mungkin demi kemudahan penyajian jika sewaktu-waktu diperlukan.

0 komentar:

Posting Komentar